Kamis, 13 Januari 2011

komunikasi massa

BAB I
PENDAHULUAN
Komunikasi massa merupakan penyampaian informasi melalui media massa, seperti media elektronik dan media cetak. Di zaman modern ini semua lapisan masyarakat butuh informasi dari media, karena dengan adanya media public bisa cepat memperoleh informasi. Baik informasi mengenai perkembangan politik disuatu Negara, ekonomi dan hiburan. Media sangat berpengaruh besar pada public khususnya media elektronik, dan pencitraan media terhadap public sudah terpola dalam fikiran public.
Seperti contoh ketika para pejabat studi banding ke Yunani, semua public beranggapan bahwa apa yang dilakukan para pejabat hanyalah menghambur-hamburkan uang Negara saja, padahal banyak rakyat miskin yang terlantar. Kenapa public bisa berfikiran seperti itu? Karena media telah mencitrakan hal tersebut kepada public yang seolah-olah berkunjungnya para pejabat ke Yunani hanyalah mengahambur-hamburkan uang saja. Padahal public tidak mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan oleh para pejabat disana. Itulah pencitraan media terhadap public.










BAB II
PEMBHASAN
A. Definisi komunikasi massa
Pada umumnya definisi yang dikemukakan oleh para tokoh itu sama bahwa komunikasi massa yaitu penyampaian informasi yang menggunakan media massa.
Adapun pendapat tentang definisi komunikasi massa menurut sebagian para tokoh adalah:
• Gerbner, komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat industry.
• Tan dan Wrigth, komunikasi massa merupakan bentuk komunikasi yang mneggunakan saluran atau media dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertempat tinggal yang jauh, dan sangat heterogen.
• Bittner, komuniasi massa adalah komuniasi yang disampaikan melalui media massa pada sejumlah besar orang.
B. Karakteristik komunikasi massa
a. Komunikasi massa bersifat umum
Yaitu pesan yang disampaikan oleh media massa terbuka untuk semua orang atau siapa saja tanpa adanya batasan apapun.
b. Komunikan bersifat heterogen
Maksudnya massa atau orang banyak terjadi pada orang-orang yang heterogen yang 0meliputi bertempat tinggal dan kondisi yang berbeda, kebudayaan yang beragam dan dan pekerjaan yang berjenis-jenis.
c. Media massa menimbulkan keserempakan
Artinya keserempakan kontak dengan dengan sejumlah besar penduduk dalam jarak yang jauh dari komunikator, dan penduduk tersebut satu sama lainnya terpisah.
d. Komunikasi mengutamakan isi ketimbang hubungan
Pada komunikasi antarpersonal unsure hubungan sangat penting tetapi sebaliknya pda komuniaksi massa yang pentin g adalah isi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar