Kamis, 13 Januari 2011

ilmu komunikasi

Tugas UTS Ilmu Komunikasi
1. Jelaskan pengertian umum komunikasi dan jelaskan fungsi komunikasi??
 Komunikasi adalah penyampaian informasi, pesan dari seseorang kepada orang lain, dengan kata lain interaksi atau proses pertukaran lambing-lambang dari komunikator kepada komunikan.
 Fungsi komunikasi yaitu :
1) Penyampaian informasi yaitu untuk member I dan menerima informasi kepada khalayak. Contohnya dalam media berita, setiap hari memberikan informasi untuk public.
2) Pendidikan yaitu untuk member pendidikan. Contohnya seorang dosen member ikan berbagi pelajaran setiap hari kepada mahasiswa/inya.
3) Mempengaruhi yaitu untuk mempengaruhi khalayak. Contohnya media iklan, iklan selalu mempengaruhi public untuk membeli produk yang ditawarkannya.
4) Menghibur yaitu untuk menghibur public. Contohnya dalam media elektronik, sering kali memberikan hiburan untuk public.
Fungsi komunikasi menurut Wilbur Schramm dapat dilihat dari komunikator dan komunikan yaitu :
 Komunikator
1) Penerangan, menyebarluaskan apa yang diketahuinya kepada lingkungannya. Contoh pak RT memberitahukan kepada masyarakatnya bahwa akan ada pemasangan air PAM dilingkungannya.
2) Penididkan, mengadakan sosialisasi terhadap anggota masyarakat. Contohnya mengajak masyarakat untuk lebih cinta terhadap lingkungannya dengan mengadakan penyuluhan cinta lingkungan.
3) Menyenangkan, memberi hiburan dan mengisi waktu senggang dan menghidupkan daya kreasi. Contohnya sering mengadakan acara bersama-sama seperti menonton bareng, jalan-jalan dan makan-makan bersama.
4) Mempengaruhi, contohnya seorang anak melihat temannya membeli sepeda baru, dan temannya menceritakan bahwa sepedanya itu keluaran terbaru, dan akhirnya seorang anak pun terpengaruh untuk membeli sepeda itu.
 Komunikan
1) Mengerti, mencoba mempelajari apa yang didengar dan memperhitungkan untung ruginya.
2) Kesediaan belajar, memperoleh pengetahuan dan kecakapan dalam hidup agar hidup lebih mudah dan dapat dipahami.
3) Menikmati, melupakan persoalan dan masalah-masalah yang dihadapinya.
4) Memutuskan untuk menolak dan menerima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar